Berita
TINGKATKAN KOMPETENSI, RATUSAN TUTOR KESETARAAN IKUTI PELATIHAN

TINGKATKAN KOMPETENSI, RATUSAN TUTOR KESETARAAN IKUTI PELATIHAN

DISDIK-CIAMIS 30/09/2022. Dalam upaya meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik program kesetaraan, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Pelatihan Tutor PKBM.

Acara yang dibuka Kadisdik, Asep Saeful Rahmat ini diikuti sebanyak 200 orang tutor PKBM se Kabupaten Ciamis digelar di Aula Keraton Selagangga Ciamis, Jum’at, 30/09/2022.

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Ciamis Tetet Widianti mengatakan untuk dapat mengimplementasikan fungsi pendidikan kesetaraan, maka PKBM membutuhkan SDM tutor profesional yang memilki kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang sesuai dengan standar minimal pendidikan nasional dalam mengelola pembelajaran. Ujar Tetet.

Oleh karena itu, tetet mnambahkan untuk dapat memperoleh tutor yang disyaratkan, perlu manajemen tutor yang efektif. Tambahnya.

“Saat ini kualifikasi dan kompetensi tutor sangat bervariasi karena sebagian diantara mereka berlatar belakang pendidikan nonkeguruan dan mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimiliki.” Jelasnya.

Baca Juga : SATU PELAJAR SATU REKENING DI KABUPATEN CIAMIS

“Tentu hal ini dapat menyebabkan bervariasinya kinerja tutor dalam melaksanakan tugas-tugas profesional yang tentunya sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan.” Imbuhnya.

Menyingkapi permasalahan tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis berupaya secara konkrit dan nyata melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir masalah yang timbul dengan mengadakan kegiatan pembekalan bagi tutor PKBM se-Kabupaten Ciamis.

RLS Ciamis masih dibawah Jabar dan Nasional

Sementara Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat dalam sambutan pembukaanya mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Ciamis sedang berpacu untuk meningkatkan Angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS).

Dijelaskan Kadisdik, berdasarkan data, Angka Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) Kabupaten Ciamis pada tahun tahun 2020 sebesar: 7,7 ada peningkatan 0,01. Sedangkan pada tahun 2021 sebesar 7,92 dengan kenaikan sebesar 0,22.

“Jika dibandingkan dengan RLS Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 yang sebesar 8,55 ataupun nasional sebesar 8,48 sepertinya masih jauh ketinggalan.” jelas Asep.

“Melihat kondisi tersebut pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Ciamis mencetuskan program Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah (gemas).” Imbuhnya.

Namun dengan adanya pandemi covid-19. program tersebut tidak bisa dilanjutkan sehingga ini berpengaruh terhadap peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah di Kabupaten Ciamis.

Seiring dengan melandainya pandemic covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis pada tahun 2022 melanjutkan kembali kegiatan Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah (gemas) yang telah diluncurkan pada tahun 2019.

Melalui kegiatan ini, Kadisdik mengajak kepada seluruh komponen bergerak memberikan motivasi kepada masyarakat direntang usia 25 tahun keatas untuk mau kembali sekolah atau kembali belajar melalui pendidikan kesetaraan.

“Diharapkan Rata-Rata Lama Sekolah di Kabupaten Ciamis bisa meningkat dan target capaian RLS 8,05 di tahun 2024 bisa kita realisasikan.” Tambahnya.

“Melalui kegiatan pelatihan tutor yang dikemudian hari akan terjun langsung sebagai guru bagi para warga belajar saya sangat berharap akan mempermudah upaya kita untuk mewujudkan target tersebut.” Harap Kadisdik.

Fasilitator dan narasumber pemateri atau nara sumber kegiatan peningkatan kompetensi tutor tahun 2022 terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Drs. Didi Ruswendi (LSM) Endin Lidinillah, M.Ag (Akademisi) dan Dr. Elih Sudia Permana, M.Pd (UPI Bandung).

Info Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis

Youtube : DISDIK_CIAMIS

Instagram : DISDIK CIAMIS

Facebook : DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds