Sejarah Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis

Kabupaten Ciamis, sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat, memiliki sejarah yang kaya dan beragam dalam perkembangan sektor pendidikan. Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis memiliki peran penting dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing.

Sejak zaman kolonial, pendidikan telah menjadi fokus penting dalam pembangunan wilayah Kabupaten Ciamis. Namun, Dinas Pendidikan sebagai lembaga formal mulai terbentuk pada era kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1945, setelah Republik Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, Pada saat  yang sama, berdiri pula Dinas Nasional yang saat ini bernama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian masalah pendidikan di Indonesia perlahan menemukan darahnya yang sempat tersendat oleh tekanan penjajah.

Terkait dengan sejarah Dinas Pendidikan Nasional, selanjutnya terjadi perkembangan pada 1981. Saat itu, Pemerintah Indoneia mengeluarkan sebuah Peraturan Pemerintah No. 65 tahun 1981 yang isinya menerapkan bahwa sebagian urusan pendidikan yang ada di Indonesia ini, diserahkan kepada pemerintah yang ada di daerah. Kemudian disusul pada 1990 dengan keluarnya Perda No. 3 Tahun 1990 yang membahas tentang dibentuknya dinas dan juga cabang dinas pendidikan dan kebudayaan. Lebih lanjut adanya kebijakan pada tahun 2001 tentang Otonomi Daerah sehingga masalah pendidikan di sebuah daerah menjadi tanggung jawab daerah masing-masing meski memang harus tetap melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Nasional di pusat. Kemudian Dinas Pendidikan resmi didirikan di Kabupaten Ciamis sebagai bagian dari upaya nasional untuk menyediakan akses pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sesuai dengan salah satu amanat pada pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Banyak tokoh inspiratif yang telah memberikan sumbangsih besar dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Ciamis. Pada tahun 2001 setelah munculnya otonomi daerah, pada waktu itu bernama Dinas Pendidikan dengan menempati Gedung Jalan R.A.A Kusumasubarata No. 3 Kertasari Ciamis, dikepalai oleh DR. H. Wawan A.S. Arifien dari tahun 2001 s.d. tahun 2008. Tongkat kepemimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis kemudian dilanjutkan oleh Drs. Akasah, M.BA. dari tahun 2008 s.d. 2018.

Tahun 2013 Dinas Pendidikan berubah menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan dikepalai oleh Dr. H. Tatang, M.Pd. dari tahun 2013 s.d. 2015, kemudian pada tahun 2015 digantikan oleh Dr. H. Toto Marwoto, M.Pd. hingga tahun 2016. Pada tahun 2017 berubah lagi menjadi Dinas Pendidikan dan dikepalai oleh Dr. H. Wawan A.S. Arifien, MM. hingga tahun 2019. Kemudian pada tahun 2019 digantikan lagi oleh Dr. H. Tatang, M.Pd. hingga tahun 2020 dan Pada tahun 2021 sampai dengan sekarang dikepalai oleh Dr. Asep Saeful Rahmat, M.Si.

Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis telah menginisiasi berbagai program unggulan guna meningkatkan kualitas pendidikan. Program-program ini mencakup pembangunan sarana dan prasarana sekolah, pengembangan kurikulum yang lebih adaptif, peningkatan kualitas guru melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan, serta penggunaan teknologi dalam proses belajar-mengajar.

Meskipun telah mengalami kemajuan yang signifikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis tidak lepas dari tantangan. Beberapa tantangan yang dihadapi adalah akses pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, keterbatasan dana untuk pengembangan infrastruktur, serta perluasan kesenjangan antara wilayah perkotaan dan pedesaan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Dinas Pendidikan terus berupaya melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, swasta, dan lembaga masyarakat.

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds