Berita
BIMBINGAN DAN PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PJOK BERJALAN SUKSES

BIMBINGAN DAN PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PJOK BERJALAN SUKSES

DISDIK CIAMIS – Kegiatan Bimlat IKM PJOK SMP Tahun 2022 sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, semua peserta mendapat berbagai manfaat yang dapat menunjang kinerja sebagai guru PJOK dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, dan kegiatan akan dilanjutkan dengan kegiatan On Service dan In Service 2 sesuai program kegiatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ciamis bersama Guru PJOK dalam Kegiatan Pembukaan Bimtek

Berikut laporan lengkap kegiatan tersebut:

Dasar Pemikiran

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada penjelasan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 37 UU dituliskan, bahwa bahan kajian pendidikan jasmani, dan olahraga dimaksudkan untuk membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. PJOK ditekankan untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap mental, emosional, sportivitas, spiritual, dan sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

Berangkat dari pandangan yuridis dan akademis tersebut, maka PJOK merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.     

Baca Juga : TINGKATKAN KOMPETENSI, RATUSAN TUTOR KESETARAAN IKUTI PELATIHAN

Mengingat tantangan yang berat bagi guru PJOK untuk menjalankan profesinya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) telah dilaksanakan sebuah pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan karier guru serta peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan pemahaman guru PJOK mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
  2. Tersusunnya hasil analisis Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar,  dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada satuan pendidikan jenjang SMP.

Jadwal Kegiatan

Dilaksanakan secara luring dengan pola in-on-in

In Service 1 : Senin, 3 Oktober 2022 s.d Selasa, 4 Oktober 2022

Tempat         : SMP Negeri 1 Cisaga

Peserta        : 103 orang

Hasil Kegiatan

Kegiatan bimlat dengan tema Implementasi Kurikulum Merdeka untuk guru PJOK peserta memperoleh masukan dan sajian materi  dari narasumber berupa:

  1. Implementasi Kurikulum Merdeka
  2. Pengenalan Platform Merdeka Mengajar
  3. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
  4. Bedah Capaian Pembelajaran Mapel PJOK
  5. Merancang pembelajaran pada kurikulum Merdeka

Youtube : DISDIK_CIAMIS

Instagram : DISDIK CIAMIS

Facebook : DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds