Artikel
Kegiatan Lokakarya Perencanaan Pembelajaran 2 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2023

Kegiatan Lokakarya Perencanaan Pembelajaran 2 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2023

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Bapak Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. secara resmi membuka kegiatan Kegiatan Lokakarya Perencanaan Pembelajaran 2 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2023. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di SMPN 3 Ciamis pada hari Sabtu 30/09/2023.

Saat ini dunia pendidikan di negara kita tengah memasuki babak baru, dimana inovasi dan kreatifitas menjadi prioritas pemerintah. Merdeka belajar menjadi prioritas melalui serangkaian program-program unggulannya yang ditujukan untuk memberikan berbagai kemudahan dan perbaikan bagi dunia pendidikan.

Salah satu yang menjadi prioritas saat ini adalah program sekolah penggerak yang diluncurkan pertama kali tanggal 1 februari tahun 2021. Program sekolah penggerak merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan indonesia, menuju indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya profil pelajar pancasila.

Program sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, yang mencakup kompetensi literasi, numerasi dan karakter melalui peran kepala sekolah dan guru yang berkualitas dan berdedikasi pada kemajuan peserta didik. 

Sekolah penggerak merupakan wujud pendidikan indonesia dimasa depan dengan salah satu intervensinya adalah pembelajaran. Adapun pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai dan dievaluasi untuk itulah perlu kolaborasi berbagai pihak; baik pengawas, kepala sekolah maupun guru.

Salah satu strategi pembelajaran pada sekolah penggerak adalah implementasi pembelajaran dengan paradigma baru, yakni memberikan keleluasaan bagi pendidik, untuk merumuskan perencanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, melalui projek penguatan profil pelajar pancasila yang dibangun enam dimensi karakter yaitu: beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif,  mandiri, bergotong-royong dan  berkebinekaan global.

saya berharap sekolah penggerak bisa menjadi barometer layanan pendidikan modern dengan kualitas pendidik, tenaga kependidikan serta peserta didiknya sebagai prioritas utama melalui penanaman pendidikan karakter, dalam mewujudkan sumber daya yang berkualitas dan bermartabat dimasa yang akan datang.

melalui kegiatan lokakarya perencanaan pembelajaran 2 psp angkatan 3 ini, semoga  menjadi panggung inspirasi bagi para pendidik untuk mengasah keterampilan dalam perencanaan pembelajaran yang efektif, untuk kemudian dapat mengimbaskan hasil pembelajaran tersebut, di satuan pendidikannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds