Artikel
LOKAKARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PSP ANGKATAN 2 TAHUN 2023

LOKAKARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PSP ANGKATAN 2 TAHUN 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Bapak Dr. H. Asep Saeful Rahmat, S.I.P., M.Si. Secara resmi membuka Kegiatan Lokakarya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Psp Angkatan 2 Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di 2 tempat yaitu di Aula SMAN 3 dan DI SMPN 2 Ciamis pada hari Minggu 24/09/2023.

Program Merdeka Belajar merupakan inovasi pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Salah satu yang menjadi prioritas saat ini adalah Program Sekolah Penggerak yang telah dirilis tanggal 1 Februari tahun 2021. Program Sekolah Penggerak merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, yang mencakup kompetensi literasi, numerasi dan karakter melalui peran kepala sekolah dan guru yang berkualitas dan berdedikasi pada kemajuan peserta didik.

Selanjutnya Program Sekolah Penggerak juga  mendorong proses transformasi satuan pendidikan, agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara maksimal melalui pengembangan bakat, minat serta kecerdasannya.

Pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta didik, tetapi juga membentuk karakter dan nilai-nilai yang akan membimbing peserta didik dalam kehidupannya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 merupakan salah satu upaya pengembangan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, yang dikuatkan melalui enam dimensi karakter, yakni: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulya,  bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong-royong, dan berkebinekaan global.

Saat ini pendidikan karakter menjadi hal pokok dalam membentengi anak-anak kita dari pengaruh negatif kemajuan informasi, komunikasi dan teknologi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sudah seharusnya tidak hanya sebatas pilot projek dari Program Merdeka Belajar, namun yang terpenting menjadi ukuran bagaimana menanamkan benih-benih karakter melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Bapak Kepala Dinas Pendidikan memberikan pesan ”Saya titip kepada bapak/ibu para pendidik sekalian, untuk senantiasa menjaga marwah guru, sebagai sosok yang digugu dan ditiru, karena sejatinya penanaman pendidikan karakter tidak akan berarti, tanpa suri tauladan yang baik dan nyata dari para pendidik itu sendiri” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds