Artikel
SELEKSI WAWANCARA CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2023

SELEKSI WAWANCARA CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2023

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bapak Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. Secara resmi membuka kegiatan Seleksi Wawancara Calon Kepala Sekolah Tahun 2023. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di Aula BKPSDM Kab Ciamis pada hari Jumat, 1 Desember 2023.

Ada empat unsur yang menjadi kunci sukses sebuah lembaga pendidikan, yaitu; kepala sekolah, guru, peserta didik, dan lingkungan masyarakat. Dari keempat unsur tersebut kepala sekolah berperan sebagai top leader karena berperan sebagai pimpinan di lembaga pendidikan.  Kepala sekolah yang baik adalah yang bisa mengelola sekolah melalui kepemimpinan yang baik dari berbagai sendi, yakni; perencanaan,pengorganisasian, menggerakkan, serta pengawasan atau dalam bahasa manajemennya sering dikenal dengan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC).

Dalam perjalanannya kepemimpinan kepala sekolah memegang kemudi pimpinan sekolah kerap menemui permasalahan atau gesekan dengan para guru dan juga mungkin lingkungan masyarakat sekitar. Kepala sekolah harus bisa menyelaraskan kepentingan sekolah dengan bertindak sebagai orang tua yang mengayomi para guru, terlebih peserta didik. Pengadministrasian juga menjadi tugas dan perhatian kepala sekolah karena menyangkut keberlangsungan sekolah dalam pengelolaan keuangan seperti; pengelolaan bos, bantuan pembangunan dan rehabilitasi sekolah, serta administrasi lainnya.

Ditengah bergulirnya program merdeka belajar, dunia pendidikan sedikit mengalami perubahan dalam tatanan program didalamnya, banyak program yang diimbaskan kemendikbudristek untuk dipahami dan dilaksanakan di satuan pendidikan, seperti halnya kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data, akun belajar.id, program sekolah penggerak dan guru penggerak. Hal ini menuntut peran kepala sekolah untuk bisa menjadi pemimpin dalam mengimplementasikan program-program tersebut di satuan pendidikannya masing-masing.

Sekolah yang baik adalah yang bisa menjadikan peserta didiknya menjadi pintar dan berwawasan lebih tinggi, serta menjadikan lembaga pendidikannya sebagai kawasan wiyata mandala yang kondusif dan mendukung proses belajar mengajar dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi dengan harmonisasi hubungan yang baik antara kepala sekolah, guru, staf sekolah, peserta didik dan lingkungan sekitarnya.

Seleksi bakal calon kepala sekolah mempunyai arti penting karena menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh bakal calon kepala sekolah yang memungkinkan dapat kembangkan. Seleksi ini  memuat substansi yang merupakan rangkaian seleksi bakal calon bakal calon kepala sekolah setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Melalui seleksi substansi ini diharapkan dapat menghasilkan calon-calon kepala sekolah yang betul-betul berkualitas, yaitu memiliki kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.

Seleksi substansi bagi bakal calon kepala sekolah mempunyai arti yang sangat penting karena bertujuan untuk menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh bakal calon kepala sekolah yang memungkinkan dapat di bina dan dikembangkan.

Tujuan seleksi ini antara lain untuk mendapatkan calon kepala sekolah yang memiliki potensi kepemimpinan yang baik, dan menilai pengetahuan, wawasan, gambaran gaya, corak karakteristik kepemimpinan, pengalaman kepemimpinan yang pernah dilakukan dan dimiliki oleh para calon kepala sekolah. Sehingga pada saatnya akan ditemukan bibit-bibit unggul calon pemimpin satuan pendidikan yang dapat berperan baik dalam memimpin satuan pendidikannya masing-masing, menuju sekolah sebagai wawasan wiyata mandala yang aman, nyaman, beprestasi dan berorientasi pada pengembangan peserta didiknya.

 “Saya berharap kegiatan seleksi calon kepala sekolah dasar ini benar-benar memenuhi standar kelulusan, sehingga hasilnya menghasilkan calon kepala sekolah yang berkualitas serta mempunyai loyalitas dan dedikasi terhadap pekerjaannya. Karena tantangan pendidikan kedepannya sepertinya tidak lebih mudah dari sekarang, sehingga tuntutan pekerjaan dan kepemimpnan kepala sekolah juga tidak mudah, sehingga bapak/ibu yang menjadi calon kepala sekolah hendaknya mempersiapkan diri secara matang baik kompetensi, mental maupun motivasi yang besar” ungkap nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds