Artikel
PEMBEKALAN CALON PENGAWAS SEKOLAH JENJANG SD DAN SMP LINGKUP DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMISTAHUN 2023

PEMBEKALAN CALON PENGAWAS SEKOLAH JENJANG SD DAN SMP LINGKUP DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMISTAHUN 2023

Pengawas sekolah merupakan bagian dari pendidikan yang bertugas untuk membantu kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Adanya pengawas memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan agar mutu pembelajaran dapat menjadi lebih baik. Peran Pengawas sangatlah besar mengingat fungsinya dalam membina, mendampingi dan membimbing guru dalam menjalankan tupoksinya sebagai pendidik.

Pengawas sekolah harus bisa menjadi penggerak dalam meningkatkan sumber daya sekolah terutama pendidik dan peserta didik. Pengawas sekolah bertanggung jawab dalam mendampingi guru dan kepala sekolah. Guna menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan, peranan pengawas pendidikan menjadi sangat penting untuk mengontrol, menilai dan mengevaluasi jalannya proses pendidikan. Dengan demikian pengawas dapat melakukan pembinaan dan pengawasan untuk menjadikan sekolah lebih maju dan bermutu. Karena bagaimanapun mutu pendidikan yang dicapai suatu lembaga pendidikan merupakan pencerminan bahwa lembaga tersebut dikelola dengan baik.

Saat ini seiring dengan implementasi merdeka belajar  dan implementasi kurikulum merdeka fungsi pengawas sebagai pembina, pemantau, penilai, pembimbing dan pelatih, tentunya tidak bisa lepas dari keterlibatan dalam penerapan kurikulum merdeka itu sendiri. Karena dilihat tugas dan fungsinya, hampir sama dengan pelatih ahli di program sekolah penggerak. Dimana mereka bertugas mendampingi sekolah penggerak menerapkan kurikulum merdeka.

Sebagai langkah untuk mengatasi kekurangan pengawas terutama untuk jenjang sd dan smp dinas pendidikan kabupaten ciamis berkolaborasi dengan bkpsdm telah menyelenggarakan seleksi calon pengawas. Alhamdulillah dari hasil seleksi tersebut telah terpilih calon pengawas dari unsur guru  penggerak angkatan 4 dan 7 sebanyak 40 orang yang saat ini akan menjalani pembekalan di balai besar guru penggerak.

Kami berharap pembekalan yang akan dilaksanakan ini dapat memberikan ilmu dan wawasan yang cukup bagi para calon pengawas dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai pengawas di lapangan. Ikuti dan fahami apa yang di berikan para narasumber dengan seksama karena itu akan menjadi bekal bagi bapak dan ibu semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds