Artikel
Lokakarya Disiplin Positif PSP Angkatan 3 tahun 2023

Lokakarya Disiplin Positif PSP Angkatan 3 tahun 2023

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bapak Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. Secara resmi membuka kegiatan Lokakarya Disiplin Positif PSP Angkatan 3. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di SMA N 3 Ciamis pada hari Sabtu, 09 Desember 2023.

Pemerintah melalui KEMENDIKBUDRISTEK terus berupaya memajukan pendidikan dinegara kita  melalui program-program unggulan yang dikemas dengan program merdeka belajar. Salahsatu yang menjadi prioritas saat ini adalah program sekolah penggerak yang telah dirilis tanggal 1 Februari tahun 2021. Program sekolah penggerak merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, yang mencakup kompetensi literasi, numerasi dan karakter melalui peran kepala sekolah dan guru yang berkualitas dan berdedikasi pada kemajuan peserta didik. 

Kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik melalui penerapan disiplin positif di lingkungan sekolahnya. Disiplin merupakan upaya untuk taat pada peraturan, keharusan, dan kewajibaan yang menjadi prioritas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Disiplin positif membangun kebiasaan yang baik pada diri anak dan pendidik. Disiplin positif merupakan pendekatan mendidik anak untuk melakukan kontrol diri dan pembentukan kepercayaan diri.

Disiplin berbeda sama sekali dengan hukuman, meskipun disiplin sering diterapkan dengan menggunakan teknik hukuman. Disiplin positif tidak seperti hukuman yang belum tentu menyadarkan anak akan kesalahan yang dia lakukan. Hal ini karena disiplin terfokus pada apa yang kita harapkan diperoleh oleh anak didik dalam belajar. Disiplin juga terfokus pada upaya agar anak mampu belajar.

Program Sekolah Penggerak seyogyanya menjadi barometer pendidikan modern yang membangun satuan pendidikan menjadi lembaga yang sepenuhnya berorientasi pada kemajuan dan perkembangan peserta didik, melalui pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila. Selanjutnya saya titip kepada Bapak/Ibu pendidik yang ada di sekolah penggerak untuk tetap rendah hati dan selalu belajar, karena sejatinya pendidik yang hebat itu tidak silau oleh pujian ataupun merasa berada di posisi yang lebih tinggi dari orang lain, karena yang harus diprioritaskan tetaplah peserta didik dalam membangun kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds