Artikel
<strong>LOKAKARYA 4 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK  (PPGP) ANGKATAN 7 TAHUN 2023</strong>

LOKAKARYA 4 PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK  (PPGP) ANGKATAN 7 TAHUN 2023

DISDIK CIAMIS – Bertempat di SMPN 1 CIJEUNGJING pada hari SABTU, 8 APRIL 2023 berlangsung Program Pendidikan Guru Penggerak Yang Dirilis Oleh Pemerintah Merupakan Bagian Tak Terpisahkan Dari Merdeka Belajar, Yakni Inovasi Pemerintah Untuk Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pelatihan Dan Kegiatan Kolektif Guru. Program Ini Bertujuan Memberikan Bekal Kemampuan Kepemimpinan Pembelajaran Dan Pedagogik Kepada Guru Sehingga Mampu Menggerakkan Komunitas Belajar, Baik Di Dalam Maupun Di Luar Sekolah Yang Berpotensi Menjadi Pemimpin Pendidikan Untuk Mewujudkan Rasa Aman, Nyaman Dan Bahagia Terhadap Peserta Didik Di Lingkungan Sekolahnya Masing-Masing.

Adapun Esensi Tujuan Program Guru Penggerak Adalah Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul Yang Bersifat Holistik Dan Tidak Berfokus Pada Kemampuan Kognitif  Saja, Juga Yang Tidak Kalah Pentingnya Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik.

Program Guru Penggerak Dimaksudkan Untuk Menciptakan Pendidik Yang Hebat, Yang Selalu Berkarya, Berinovasi Dan Memiliki Kreatifitas Diatas Rata-Rata. Sehingga Melalui Profil Guru Penggerak Inilah Akan Melahirkan Peserta Didik Yang Tidak Hanya Cerdas Tapi Juga Kreatif, Inovatif Dan Berkepribadian Baik Sebagai Generasi Unggul Dimasa Depan.

Adapun Tujuan Lokakarya 4 Angkatan 7 Ini Adalah Agar Calon Guru Penggerak Mampu Mengidentifikasi Kekuatan, Area Pengembangan, Dan Menyusun Rencana Perbaikan Dalam Proses Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid, Serta Mampu Menunjukkan Kemampuan Melakukan Rangkaian Supervisi Akademik Dengan Menggunakan Pola Pikir Coaching.

Kepala dinas pendidikan yang di wakili oleh plt sekdis dinas pendidikan menuturkan “Melalui Program Guru Penggerak, Pendidik Dituntut Dapat Meningkatkan Kompetensinya Sebagai Pemimpin Pembelajaran Yang Berpusat Pada Peserta Didik Serta Mendorong Tumbuh Kembang Peserta Didik Secara Holistik, Aktif Dan Proaktif Dalam Kegiatan Belajar Mengajar”ungkap nya.

“Selanjutnya Guru Penggerak Juga Diharapkan Dapat Menjadi Teladan Dan Agen Transformasi Ekosistem Pendidikan Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Perwujudan Pelajar Indonesia Yang Memiliki Semangat Belajar Sepanjang Hayat, Memiliki Kompetensi Global, Dan Berperilaku Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila” pungkas nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds