Artikel
Lokakarya 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 10

Lokakarya 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 10

Ciamis, Sabtu (4 Mei 2024). Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Lokakarya 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 10 di SMPN 6 Ciamis. Acara ini menjadi panggung bagi para Calon Guru Penggerak (CGP) untuk menggali nilai-nilai esensial dalam dunia pendidikan, dengan dipandu oleh tujuh praktisi berpengalaman yang menekankan nilai, peran, dan kompetensi Guru Penggerak.

Para CGP diajak untuk merenungkan nilai-nilai penting seperti keberpihakan pada murid, kemandirian, refleksi, kolaborasi, dan inovasi. Mereka juga membahas peran guru sebagai pemimpin pembelajaran, mentor bagi rekan guru, pendukung kolaborasi, pendorong kepemimpinan murid, dan penggerak komunitas guru.

Pada sesi berikutnya, para peserta berkumpul untuk mengatasi tantangan dalam peran mereka, yang terbagi menjadi tiga kategori utama: membangun kolaborasi yang efektif dengan rekan guru, kepala sekolah, dan siswa. Mereka tidak hanya mengidentifikasi kendala, tetapi juga menawarkan solusi konkret seperti melibatkan guru dalam setiap kegiatan, menyusun jadwal yang terstruktur, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran Guru Penggerak, dan mengelola waktu dengan lebih efisien.

Di akhir sesi, semangat para CGP sungguh menginspirasi! Mereka membahas cara membangun komunitas praktisi di sekolah masing-masing dan menggerakkannya untuk berkolaborasi demi mendukung program-program inklusif bagi murid-murid mereka.

Sementara itu, Dr. Erwan Darmawan, S.STP., M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, membuka acara dengan semangat, menyambut para peserta dengan hangat, dan mengungkapkan harapannya bahwa Lokakarya ini akan menjadi momen penting bagi Calon Guru Penggerak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Ciamis. Suaranya yang penuh semangat memberi semangat kepada peserta untuk mengikuti acara ini dengan antusiasme.

(hbb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds