Berita
CEGAH ANGKA PUTUS SEKOLAH, BUPATI CIAMIS LUNCURKAN BEASISWA PENDIDIKAN

CEGAH ANGKA PUTUS SEKOLAH, BUPATI CIAMIS LUNCURKAN BEASISWA PENDIDIKAN

DISDIK CIAMIS – Sebanyak 1.500 siswa dari 111 sekolah jenjang SMP di Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan beasiswa program BSM tahun 2022 dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Penyerahan beasiswa secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya kepada 50 orang perwakilan siswa SMP di Joglo Barat Setda Ciamis, Kamis, 29/12/2022.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, Pemkab Ciamis melalui Dinas Pendidikan telah menyalurkan beasiswa sebanyak 1.500 siswa dengan masing-masing siswa mendapatkan bea siswa sebesar Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah yang langsung disalurkan melalui nomor rekening yang sudah di sediakan berupa buku tabungan dan juga mendapatkan kartu identitas penerima bantuan.

“Beasiswa ini tidak besar, sebagai motivasi kadeudeuh dari pemda untuk diberikan pada anak anak semga termotivasi untuk bisa melanjutkan sekolah tidak sampai putus atau drop out”, Ujar Bupati Herdiat.

“Target kita juga supaya lebih meningkat rata-rata lama sekolah, target kita SD 12 tahun, mudah-mudah bisa tercapai,” Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat juga memberikan support kepada para siswa dan perwakilan orang tua yang hadir.

“Pada ortu agar mendorong memberikan supot dukungan untuk meneruskan anak-anaknya bersekolah,” Ujarnya.

Baca Juga : LOKAKARYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (PSP) ANGKATAN 2 TAHUN 2022

“Kondisi kita serba sulit, keterbatasan, tapi Insa Alloh mskipun sedkit dan terbatas mampu memberikan motvasi agar makin giat” Imbuhnya.

Sementara Kadisdik Ciamis, Asep Saeful Rahmat mengatakan maksud diberikanya beasiswa melalui program bantuan siswa miskin (BSM) adalah untuk meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi semua lapisan masyarakat di kabupaten ciamis, sebagai wujud penanggulangan kemiskinan terutama bagi siswa rawan drop-out (do) jenjang SMP, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta dari keluarga miskin dan kurang mampu.

“Tujuan bantuan ini adalah pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu, serta relevansi dan efisiensi tata kelola pendidikan mengurangi hambatan peserta didik dari keluarga miskin dan kurang mampu dalam mengakses layanan pendidikan”, Ujar Kadisdik

“Juga mencegah angka putus sekolah dan menarik peserta didik dari keluarga miskin dan kurang mampu untuk bersekolah kembali dan mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar dua belas tahun.” Imbuhnya.

Di akhir sambutan, Bupati Herdiat mengatakan keinginanya untuk bisa memberikan bantuan lebih besar lagi.

“Kami inginnya lebih banyak lagi lebh besar lagi, tapi kemampuan keterbatasan APBD juga saat ini kebetulan sedang sulit,” Kata Bupati.

“Ketika hitung, total hampir 1M, 100 juta, mudah-mudahan, doakan saja APBD nya makin kuat makin stabil sehingga tahun depan bisa lebih banyak lagi,” Pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekda Ciamis, H. Tatang, Kadisdik, Asep Saepul Rahmat dan Sekdis Pendidikan, Endang Kuswana.

Youtube : DISDIK_CIAMIS

Instagram : DISDIK CIAMIS

Facebook : DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds