Artikel
Supervisi Akademi Kepala Sekolah Tahun 2023

Supervisi Akademi Kepala Sekolah Tahun 2023

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bapak Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. Secara resmi membuka kegiatan Supervisi Akademi Kepala Sekolah Tahun 2023. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di Keraton Selagangga pada hari Senin, 30 Oktober 2023.

Upaya memajukan sekolah sebagai lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari peran kepala sekolah sebagai top leader sekaligus manajer. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen  pendidikan yang   paling   berperan   dalam   meningkatkan   kualitas   pendidikan.

Kepala sekolah sebagai pemimpin  pendidikan  merupakan  orang yang  paling  bertanggung  jawab  terhadap  keberhasilan  pendidikan  di sekolahnya karena itu jelas sekali kepala sekolah harus menguasai kepemimpinan, manajemen dan yang tidak kalah pentingnya adalah supervisi akademik.

Sekolah tidak hanya tempat bercocok tanam pendidikan peserta didik, tapi yang paling mendasar adalah penanaman nilai-nilai karakter yang baik, oleh karena itu pendidikan yang sesuai merdeka belajar yang di gulirkan pemerintah saat ini adalah pendidikan berbasis karakter melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Selanjutnya guru sebagai subjek penanaman benih-benih karakter tersebut harus pula di berikan kemampuan keprofesian sebagai pendidik. Sedangkan yang bertanggungjawab membantu guru mengembangkan keprofesian dalam proses pembelajaran adalah kepala sekolah.

Supervisi akademik merupakan point penting dalam merekonstruksi pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien serta menjadi bagian penting dari komitmen proses belajar dan mengajar yang efektif, terarah dan terukur.

Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin di satuan pendidikan mempunyai peran untuk membimbing, membantu dan mengarahkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk lebih menghargai dan melaksanakan proses pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik, serta membantu guru untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dan mampu mengadakan studi dan pembinaan dalam rangka peningkatan kualitas mengajar dan mutu pembelajaran yang baik.

Kadisdik menyampaikan “Saya berharap melalui kegiatan workshop supervisi akademik bagi kepala sekolah mulai dari jenjang paud sampai dengan sekolah dasar ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman terkait  kegiatan  pembinaan dan bimbingan yang dilakukan kepala sekolah untuk pendidik di lingkungan dinas pendidikan” ucap nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds