Artikel
RATUSAN GURU PAUD IKUTI SOSIALISASI SULINGJAR

RATUSAN GURU PAUD IKUTI SOSIALISASI SULINGJAR

Ciamis, Menjelang Survei Lingkungan Belajar (Sulingkar) jenjang PAUD yang akan dimulai tanggal 25 September 2023, Disdik Ciamis gelar Sosialisasi Sulinjar, Rabu, 13/09.

Acara sosialisasi Sulinjar ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang PAUD & PNF, Eka Yudha Katresna, diikuti 100 orang operator PAUD se-Kabupaten Ciamis.

Mewakili Kadisdik dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Sulinjar ini merupakan salah bentuk evaluasi internal.

“Seperti kita ketahui bahwa survey lingkungan belajar Pendidikan Anak Usia Dini adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh Kemdikbudristek pada jenjang anak usia dini”, ujar Eka.

“Sulinjar ini untuk mengukur proses pembelajaran dan proses pengelolaan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD dengan berbasis komputer dan dilakukan secara daring (online).” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Eka mengatakan hasil Sulinjar ini akan diolah oleh Kemendibudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk profil pendidikan sehingga memudahlkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan berbasis data.

Jadwal pelaksanaan Sulingjar dimulai tanggal 25 September sampai dengan 22 oktober 2023 diikuti oleh Kepala dan Guru PAUD.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta memahami tata cara pengisian lembar Sulingjar PAUD agar pembuatan perencanaan lebih terarah.

Selain itu untuk memastikan satuan PAUD didampingi dalam melakukan Perencanaan Berbasis Data sehingga terukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD.

Sebagai narasumber para Pengawas dan Penilik yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari Kemdikbudristek.

Di akhir sambutan, Eka berharap setidaknya 95 persen guru PAUD ikut berpartisipasi dalam Sulingjar ini.

“Dengan mengikuti Sulinjar ini, merupakan wujud kongkret dan komitmen satuan pendidikan untuk mau berbenah dan meningkatkan kualitas layanan,” tegasnya.

“Mari berkolaborasi untuk mendorong pengisian instrumen sulingjar PAUD !,” pungkasnya.

2 thoughts on “RATUSAN GURU PAUD IKUTI SOSIALISASI SULINGJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds