Artikel
Panen Karya – Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 7 Tahun 2022 – 2023

Panen Karya – Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 7 Tahun 2022 – 2023

Ciamis – Jumat s.d. Sabtu, 7 s.d. 8 Juli 2023, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis yang bekerja sama dengan BBGP Provinsi Jawa Barat,  Mengadakan Acara Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 7 Tahun 2022 – 2023.

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah yang berpotensi menjadi pemimpin pendidikan untuk mewujudkan rasa aman, nyaman dan bahagia terhadap peserta didik di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Adapun esensi pelaksanaan Pendidikan Program Guru Penggerak itu sendiri adalah menciptakan sumber daya manusia unggul yang bersifat holistik dan tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif  saja, juga yang tidak kalah pentingnya adalah pengembangan nilai-nilai karakter dalam membentuk kepribadian peserta didik.

Lokakarya Program Guru Penggerak ke-7 merupakan tahapan final pelatihan dan pendidikan bagi calon program guru penggerak yang diakhiri dengan Panen Karya Terbaik dari para peserta.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kab Ciamis menyampaikan “Saya mengharapkan  pendidik yang sudah menyelesaikan tahap akhir berupa Lokakarya ke-7 ini mampu menjadi pendidik yang paripurna, yakni; mampu mengimbaskan ilmunya kepada peserta didik, membangun kemauan, memotivasi semangat dan mengembangkan karakteristik yang baik pada peserta didik, menuju Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam upaya mewujudkan visi pendidikan Indonesia” ujar nya.

Melalui Program Guru Penggerak, pendidik dituntut dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, karena Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif serta mempunyai kemampuan mengembangkan pendidik lainnya melalui kegiatan pengimbasan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Selanjutnya yang paling diharapkan dari  Guru Penggerak adalah dapat menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki semangat belajar sepanjang hayat, memiliki kompetensi global, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *