Berita
MGMP IPA KAB. CIAMIS MERANCANG PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

MGMP IPA KAB. CIAMIS MERANCANG PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

DISDIK CIAMIS – Sabtu (4/2/2023) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (MGMP IPA) jenjang SMP menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) dengan tema “Merancang Pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif pada Implementasi Kurikulum Merdeka”. Diklat ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program kerja MGMP IPA Kab. Ciamis untuk meningkatkan kompetensi guru. Undang-undang Republik Indonesia no 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen secara eksplisit mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan. Amanat ini coba dilaksanakan oleh Organisasi MGMP.

Diklat ini dilaksanakan secara “Blanded Learning” yaitu memadukan Moda Luring dan Daring agar tidak mengganggu kegiatan utama guru mengajar di kelas tetapi muatan diklat memenuhi 32 JP sehingga bisa digunakan guru untuk keperluan Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk Kenaikan Pangkat. Luring pada hari Sabtu, Minggunya secara daring, disambung dengan penugasan mandiri membuat aksi nyata dan penyelesaian topik di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pelatihan ini secara keseluruhan berlangsung Sabtu-Sabtu (4-11 Februari 2023). Pelatihan diikuti oleh 38 guru IPA yang mewakili 6 komisariat yang ada di Kabupaten Ciamis, sebelumnya mestinya 40 guru tetapi 2 orang tidak dapat hadir karena keperluan mendadak yang tidak dapat ditinggalkan.

Linlin Herlina, S. Pd., M. Pd. Ketua MGMP IPA Kab. Ciamis

Pada acara pembukaan kegiatan Ketua MGMP Linlin Herlina, S.Pd., M.Pd. (Guru SMPN 7 Banjarsari) menyampaikan manfaat adanya organisasi MGMP sekaligus menjadi tujuan dilaksanaknnya Diklat yaitu (1) Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, seperti penyusunan dan pengembangan TP/ATP/MA, menyusun bahan ajar berbasis TIK, membahas materi esensial yang sulit dipahami, strategi/metode/pendekatan/media pembelajaran, sumber belajar, dan membahas berbagai permasalahan serta mencari alternatif solusinya;

Baca Juga : KEGIATAN PEMBEKALAN KURIKULUM MANDIRI BELAJAR LINGKUP DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMIS TAHUN 2023

(2) Memberi kesempatan kepada guru untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik; (3) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif bagi guru; (4) Memberdayakan dan membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas guru di sekolah dalam rangka meningkatkan pembelajaran sesuai dengan standar; (5) Mengubah budaya kerja dan mengembangkan profesionalisme guru dalam upaya menjamin mutu pendidikan; (6) Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik dalam rangka mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas; (7) Mengembangkan kegiatan mentoring dari guru senior kepada guru junior; dan (8) Meningkatkan kesadaran guru terhadap permasalahan pembelajaran di kelas yang selama ini tidak disadari dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Drs. H. Rubintoro, M. Pd. Ketua MKPS

Drs. H. Rubiantoro, M.Pd. sebagai Ketua MKPS (Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah) mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr. Asep Saeful Rahmat, M.Si. menyampaikan dalam sambutannya bahwa guru IPA harus terus memperbaiki kompetensinya dalam melaksanakan pembelajaran di Kelas. Guru harus mampu menjawab tantangan zaman untuk menyajikan pembelajaran yang menarik dan melayani semua siswa tidak hanya siswa yang pintar. Guru terkadang menganggap berhasil pembelajarannya ketika ada siswa yang pintar yang sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaannya dengan benar, semestinya berikan kesempatan kepada siswa yang kurang pintar untuk menjawab walaupun salah kita bisa menjadikan kesalahan itu untuk membelajarkan siswa mengetahui yang benar. Pembelajaran IPA ada Biologinya, Kimia dan Fisika disajikan dengan metode yang tepat. Jangan sampai guru IPA hanya memberikan tugas atau mengajarkan sejarah IPA karena hanya menggunakan metode ceramah.

Jajaran Pengurus MGMP IPA Kab. Ciamis periode 2019-2023

Materi yang disampaikan dalam Diklat adalah Kebijakan Kurikulum Merdeka, Merancang Pembelajaran IPA yang Inovatif dan Kreatif oleh Drs. Dadang Darmawan, M.Pd., Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Archimides oleh Karyat Heryana, S.Pd., M.Pd., Sharing Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh H. Rahmat Parjaman, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMPN 5 Banjarsari), Sharing Praktik Baik Pembelajaran IPA di kelas sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Dedeh Darmiasih, S.Pd. (Guru SMPN 5 Ciamis), Pendampingan Pembelajaran melalui Platform Merdeka Mengajar oleh Pengurus MGMP IPA. Ada Pretest serta Postest sebagai kegiatan pendukung.

Para peserta dengan batik khas MGMP IPA Kab. Ciamis dengan hak cipta sendiri

Iwan Ridwan Khoir (Guru SMPN 2 Tambaksari) menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena mampu membangkitkan semangat, bisa saling berbagi praktik baik apalagi dengan Kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka.

Di akhir acara luring dilaksanakan pemilihan Ketua MGMP baru karena masa kerja Pengurus MGMP lama sudah berakhir untuk periode 2019-2023. Pemilihan dilakukan secara langsung oleh guru-guru dengan tim formatur diwakili oleh 6 guru perkomisariat. Pemilihan dipandu oleh Suhada, S.Pd., M.Pd. disaksikan oleh para pengawas lainnya. Terpilih ketua MGMP IPA yang baru Rakhmat Upaya, M.Pd. dari SMPN 1 Cihaurbeuti untuk periode 2023-2027 diperiode sebelumnya merupakan Sekretaris.

Rakhmat Upaya, M.Pd. Ketua MGMP IPA yang baru

(Lin/Jurnalisguru)

Youtube : DISDIK_CIAMIS

Instagram : DISDIK CIAMIS

Facebook : DINAS PENDIDIKAN KAB. CIAMIS

4 thoughts on “MGMP IPA KAB. CIAMIS MERANCANG PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

    • Author gravatar

      Semoga MGMP IPA Kab Ciamis semakin maju dalam meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan perubahan perubahan yang akan menentukan generasi penerus menjadi pribadi yang mandiri dan merdeka.

    • Author gravatar

      Cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa semakin nyata terlihat ketika para guru sebagai garda terdepan pendidikan terus berupaya dan terus berinovasi dalam proses pembelajaran nya.
      Terus belajar adalah hal yang tidak bisa dilakukan lagi, belajar sepanjang hayat. Tetap semangat, salam dan bahagia untuk seluruh anggota MGMP IPA Kab Ciamis

    • Author gravatar

      Semoga MGMP IPA KABUPATEN CIAMIS terus maju dan sukses untuk mengembangkan profesionalitas guru IPA dan kemajuan anak didik kita khususnya di Kabupaten Ciamis.

      • Author gravatar

        Cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa semakin nyata terlihat ketika para guru sebagai garda terdepan pendidikan terus berupaya dan terus berinovasi dalam proses pembelajaran nya.
        Terus belajar adalah hal yang tidak bisa dilakukan lagi, belajar sepanjang hayat. Tetap semangat, salam dan bahagia untuk seluruh anggota MGMP IPA Kab Ciamis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds