Artikel
Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 PSP Angkatan 3 Kabupaten Ciamis: Membangun Pemimpin Pendidikan Masa Depan

Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 PSP Angkatan 3 Kabupaten Ciamis: Membangun Pemimpin Pendidikan Masa Depan

Ciamis, 18 Mei 2024 – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ciamis menjadi saksi pelaksanaan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 Kabupaten Ciamis. Acara ini dihadiri oleh para pendidik, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan pendidikan yang berkomitmen untuk memperkuat kapasitas kepemimpinan dalam lingkungan pendidikan.

Lokakarya yang berlangsung sepanjang hari ini bertujuan untuk memberikan pelatihan intensif dan berbagi pengetahuan tentang kepemimpinan yang efektif di sekolah. Dengan tema “Membangun Pemimpin Pendidikan Masa Depan”, acara ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang inovatif dan berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan.

Pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. Erwan Darmawan, S.STP., M.Si. Dalam pidatonya, Dr. Erwan menekankan pentingnya peran kepala sekolah sebagai agen perubahan di sekolah masing-masing. “Kepemimpinan yang baik adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan prestasi siswa. Melalui lokakarya ini, kami berharap para peserta dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang kuat dan visioner,” ujarnya.

“Seorang pemimpin harus memiliki visi yang jelas dan mampu menginspirasi timnya untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan mengelola sumber daya secara efektif juga sangat penting,” katanya.

Beliau menekankan bahwa seorang pemimpin di dunia pendidikan harus mampu mengendalikan dan menyelaraskan berbagai “elemen” yang ada di sekolah – guru, siswa, orang tua, dan masyarakat – mirip dengan sosok Avatar dalam seri “The Last Airbender“. Kepemimpinan yang baik harus fleksibel seperti air, kokoh seperti bumi, penuh semangat seperti api, dan bijaksana seperti udara. “Dengan memahami dan mengendalikan keempat elemen ini, kita dapat menjadi pemimpin yang komprehensif dan seimbang, membawa harmoni dan keberhasilan bagi komunitas pendidikan kita,” ujarnya.

Lokakarya Kepemimpinan Sekolah Seri 1 ini dilaksanakan melalui tahapan pembelajaran alur MERDEKA dengan durasi waktu 8 JP atau 360 menit. Pembelajaran dipandu oleh fasilitator PSP Angkatan 3, yang memberikan panduan dan bimbingan kepada peserta untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif.

Lokakarya ini dibagi menjadi beberapa sesi utama yang meliputi penguatan kompetensi kepemimpinan, strategi manajemen sekolah, dan inovasi dalam pembelajaran. Para peserta diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang tantangan dan keberhasilan yang mereka hadapi dalam memimpin sekolah.

Dr. Erwan Darmawan menyampaikan harapannya agar para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam lokakarya ini untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Ciamis. “Semoga dengan adanya lokakarya ini, kita dapat melahirkan lebih banyak pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi dunia pendidikan,” tutupnya.

Diskusi Kelompok dan Studi Kasus

Para peserta juga diberi kesempatan untuk terlibat dalam diskusi kelompok dan studi kasus. Dalam sesi ini, mereka membahas berbagai situasi yang sering terjadi di sekolah, seperti manajemen konflik, pengambilan keputusan, dan pemberdayaan guru. Melalui diskusi ini, para peserta diharapkan dapat menemukan solusi praktis dan inovatif untuk diterapkan di sekolah mereka masing-masing.

Komitmen untuk Masa Depan

Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 PSP Angkatan 3 ini tidak hanya menjadi ajang pelatihan, tetapi juga momentum penting bagi para pendidik untuk saling mendukung dan membangun jaringan kerjasama yang kuat. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan para pemimpin pendidikan di Kabupaten Ciamis dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak generasi muda yang berdaya saing tinggi di masa depan.

Acara ini membuktikan bahwa dengan kepemimpinan yang baik, sekolah-sekolah di Kabupaten Ciamis dapat berkembang lebih maju dan siap menghadapi tantangan global dalam dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds