Artikel
Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2024

Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2024

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bapak Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. Secara resmi membuka kegiatan Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2024. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di SMPN 2 Ciamis pada hari Sabtu, 17 Februari 2024.

Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Program Guru Penggerak diharapkan dapat mewujudkan sumber daya manusia unggul yang bersifat holistik dan tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif  saja, juga yang tidak kalah pentingnya adalah pengembangan nilai-nilai karakter dalam membentuk kepribadian peserta didik yang santun, ramah, berahlak baik, kreatif, mandiri, dan mengembangkan sikap toleransi.

Guru Penggerak merupakan profil guru masa depan, sebagai pemimpin pendidikan dalam mewujudkan rasa aman, nyaman dan bahagia terhadap peserta didik di lingkungan sekolahnya masing-masing. Melalui guru penggeraklah dunia pendidikan menaruh harapan besar, untuk membangun sistem pendidikan yang berorientasi pada peserta didik serta memberikan kebebasan bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan, minat dan bakatnya tanpa tekanan, sehingga anak-anak ini dapat mengembangkan potensinya secara maksimal untuk mencapai cita-citanya.

Lokakarya 4 Program Guru Penggerak memuat materi penguatan coaching sehingga calon guru penggerak mampu menampilkan coaching kepada teman sejawatnya dalam proses pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.

Melalui Lokakarya 4  Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan strategi perbaikan diri dalam pengajaran yang berpihak pada pada peserta didik, calon guru penggerak juga dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam melakukan coaching serta dapat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang mengutamakan diferensiasi murid.

2 thoughts on “Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak  (PPGP) Angkatan 8 Tahun 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds