Berita
Kegiatan Sosialisasi Merdeka Belajar Terkait Transisi Paud – Sd Tahun 2023

Kegiatan Sosialisasi Merdeka Belajar Terkait Transisi Paud – Sd Tahun 2023

Ciamis – Senin, 29 Mei 2023 di Aula Keraton Selagangga, Dinas Pendidikan Kab Ciamis melakukan Kegiatan Sosialisasi Merdeka Belajar Terkait Transisi PAUD- SD Tahun 2023.

Program merdeka belajar yang digulirkan pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan. Kebijakan merdeka belajar merupakan langkah untuk menstranformasi pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia yang unggul yang melalui penguatan profil pelajar pancasila.  

Pada episode ke-24 tentang transisi PAUD- SD merupakan terobosan pemerintah, bagaimana mempermudah proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik paud, menjadi peserta didik sd dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. Transisi PAUD- SD ini harus bisa membangun kepercayaan diri anak sebagai persiapannya memasuki tahapan pendidikan yang lebih tinggi yakni jenjang Sekolah Dasar.

Sedangkan kesiapan bersekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, di tingkatan kelas manapun. Sehingga, transisi PAUD – SDmerupakan upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terlepas dari manapun titik berangkat anak.

Tidak dapat dipungkiri saat ini masih ditemukan banyak anak yang tidak sempat menjalani pendidikan di jenjang PAUD melainkan langsung memasuki jenjang kelas satu Sekolah Dasar. Hal ini membuat mereka tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi hak-nya. Kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemi.

Bagaimanapun transisi PAUD – SD ini sangat penting karena dimasa transisi inilah,  saat anak memasuki kelas awal di sd menjadi masa yang sangat penting untuk menguatkan berbagai kemampuan pondasi pada anak. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman tentang hal-hal mendasar yang terjadi sehari-hari.

Pendidikan yang baik bagi siswa adalah pendidikan yang menyediakan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Pendidikan yang baik juga harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan, serta mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.

Pendidikan juga harus membantu siswa untuk belajar tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang baik juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan kritis, kreatif, dan problem solving mereka, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mandiri, dan terbuka.

Kepala Bidang GTK Ibu Dra. Tetet Widiyanti, MM. Dalam sambutan nya menuturkan “Melalui kegiatan sosialisasi merdeka belajar terkait transisi PAUD – SD ini, saya mengajak mari kita sukseskan merdeka belajar episode ke-24 tentang transisi paud-sd dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan” tuturnya,

“Membangun kemampuan anak, dan mengembangkan potensinya secara maksimal demi menggapai cita-citanya dimasa yang akan datang” ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds