Berita
MGMP IPA KAB. CIAMIS SELENGGARAKAN BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

MGMP IPA KAB. CIAMIS SELENGGARAKAN BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

DISDIK CIAMIS – Sabtu (26/8/2023) Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (MGMP IPA) jenjang SMP menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Sekdis Pendidikan Kabupaten Ciamis Uned Setiawan, S.Pd., M.Si. mewakili Kepala dinas Dr. H. Asep Saeful Rahmat, M.Si. yang sedianya dijadwalkan akan hadir tetapi karena ada kegiatan lain yang bersamaan yaitu Lokakarya 0 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 dan Kegiatan Pramuka di Kwarcab.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis
Uned Setiawan, S.Pd., M.Si.

Hal yang disampaikan Kadis melalui Sekdis yaitu Kurikulum Merdeka yang digulirkan Kemendikbudristek merupakan strategi pemulihan pembelajaran setelah kita dilanda musibah Pandemi Covid-19 selama 2 tahun. Kurikulum Merdeka mendidik dan mengajar anak sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah dan kemampuan masing-masing. Diharapkan terbentuk peserta didik yang cerdas, unggul, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kurikulum Merdeka memberikan Kompas bahwa tidak ada anak yang bodoh di hadapan guru yang bijak karena setiap anak memiliki keunikanan, bakat, dan minatnya masing-masing. Saya berharap kegiatan Bimtek ini membawa dampak peningkatan kapasitas guru yang akan membawa perubahan pada kemajuan Pendidikan. Hal ini sesuai dengan 4 pilar Pendidikan Learning to know, Learning to do, Learning to be, Learning to live together menuju Pendidikan yang lebih berkualitas dan bermartabat. Sekdis juga menyampaikan kebanggaannya bahwa di Kabupaten Ciamis sudah banyak baik pengawas ataupun guru yang telah menjadi narasumber atau fasilitator bersertifikat tingkat Nasional, sehingga kita tidak perlu lagi mendatangkan dari luar Kab. Ciamis.

Dari Kiri ke kanan: Karyat Heryana, S.Pd., M.Pd., Uned Setiawan, S.Pd., M.Si.,
Aris Gunanto, S.Pd., M.Pd., dan Rakhmat Upaya, S.Pd., M.Pd.

Pada Bimtek ini hadir pula Kepala Bidang SMP Aris Gunanto, S.Pd., M.Pd. yang mengingatkan dan mengajak para guru khususnya peserta Bimtek untuk menyukseskan ANBK, membantu aktivasi akun belajar.id terutama milik siswa di satuan pendidikan masing-masing yang belum diaktivasi, menelaah raport Pendidikan di satuan pendidikan masing-masing untuk selanjutnya terlibat langsung memperbaiki bagian yang masih merah dengan melaksanakan yang dimuat di ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). Literasi dan numerasi masih menjadi focus yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Terakhir yang disampaikan kabid SMP ini tentang larangan ASN terlibat dengan politik praktis yang saat ini mulai memasuki tahun politik.

Ketua MGMP IPA Kab. Ciamis
Rakhmat Upaya, S.Pd., M.Pd.

Ketua MGMP IPA Kab. Ciamis, Rakhmat Upaya, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta walau di hari libur sekolah bersedia mengikuti kegiatan tolabul ilmi, dan ucapan terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 6 Ciamis yang telah memberikan izin dan memfasilitasi tempat kegiatan sehingga kegiatan terselenggara dengan baik. Rakhmatpun menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah: 1). Menjalin silaturahmi sesama guru IPA secara langsung, karena sudah cukup lama tidak bersilaturahmi tatap muka; 2). Ikut mendukung mewujudkan Implementasi Kurikulum Merdeka di mana pada tahun 2024 semua sekolah sudah harus menggunakan Kurikulum Merdeka dan guru meningkat kompetensinya; 3). Seiring perubahan zaman yang begitu cepat dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi guru khususnya guru IPA harus meng-upgrade wawasan dan keterampilannya agar tidak ketinggalan. Disampaikan juga laporan kegiatan bahwa peserta Bimtek berjumlah 60 orang termasuk panitia, 6 orang Narasumber yang terdiri dari pejabat Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Para Pengawas IPA Kab.Ciamis (3 orang), Kepala Sekolah Penggerak (1 orang), dan rekan guru IPA yang sudah menjadi nara sumber berbagi Praktik baik PMM (1 orang).

Logo MGMP IPA Kab. Ciamis

Diklat ini dilaksanakan secara Blanded Learning yaitu memadukan Moda Luring dan Daring agar tidak mengganggu kegiatan utama guru mengajar di kelas tetapi muatan diklat memenuhi 32 JP. Kegiatan luring pada hari Sabtu bertempat di SMP Negeri 6 Ciamis dengan materi Kebijakan Kurikulum Merdeka oleh ketua MKPS (Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah) Drs. H. Rubiantoro, M.Pd., Pemetaan CP, TP, ATP, Menyusun Modul Ajar dan Asesmen oleh Karyat Heryana, S.Pd., M.Pd., Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) oleh Drs. Dadang Darmawan, M.Pd. dan Berbagi Praktik Baik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh H. Sartono, S.Pd., M.Pd. (Kepala Sekolah Penggerak, SMP Negeri 1 Panumbangan). Hari Minggu melalui zoom dengan materi Pemanfaatan PMM oleh Linlin Herlina, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan tugas mandiri Menyusun Modul ajar IPA dan aksi nyata pelatihan mandiri PMM termasuk di dalamnya P5. Pretest serta Postest sebagai kegiatan pendukung. Keseluruhan kegiatan 26-29 Agustus 2023.
(Lin/Jurnalisguru)

1 thought on “MGMP IPA KAB. CIAMIS SELENGGARAKAN BIMTEK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds