Artikel
Seminar dan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Ciamis 2024

Seminar dan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Ciamis 2024

Ciamis, 25-26 Juni 2024 – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran yang diadakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari guru TK, PKBM, SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan ini, sambutan dari Kepala BBGP Jawa Barat disampaikan oleh ketua tim dari BBGP Jabar. Dalam pengantarnya, beliau menjelaskan tentang Visi Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari enam poin utama. Beliau menekankan pentingnya peran guru dalam fokus pada tumbuh kembang peserta didik. Beliau menyarankan agar guru memahami minat siswa, misalnya dengan membuat pembelajaran berbasis video jika siswa menyukai video pembelajaran, dan mengintegrasikan hal tersebut dalam metode pengajaran.

Berikut adalah enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dijelaskan oleh perwakilan BBGP Jabar:

1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia:
Pelajar diharapkan memiliki iman dan takwa yang kuat, serta menjunjung tinggi akhlak yang mulia. Ini mencakup nilai-nilai moral, etika, dan spiritual yang menjadi dasar dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berkebinekaan Global:
Pelajar diharapkan mampu memahami dan menghargai keragaman budaya, agama, dan suku bangsa baik di tingkat nasional maupun global. Mereka harus terbuka terhadap perbedaan dan mampu beradaptasi dalam lingkungan yang beragam.

3. Mandiri:
Pelajar diharapkan memiliki kemandirian dalam berpikir dan bertindak. Mereka harus mampu mengatur diri sendiri, mengambil inisiatif, dan bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang diambil.

4. Bergotong Royong:
Pelajar diharapkan memiliki sikap gotong royong yang tinggi, yaitu kemampuan bekerja sama, saling membantu, dan peduli terhadap sesama. Ini mencakup kemampuan berkolaborasi dalam tim dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial.

5. Bernalar Kritis:
Pelajar diharapkan mampu berpikir kritis dan analitis dalam menghadapi berbagai masalah. Mereka harus memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan bukti dan logika.

6. Kreatif:
Pelajar diharapkan memiliki kreativitas dalam menemukan solusi dan menghasilkan karya yang inovatif. Mereka harus mampu berpikir out-of-the-box, memiliki imajinasi yang kaya, dan berani mencoba hal-hal baru.

Kegiatan seminar dan lokakarya ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. Erwan Darmawan, S.STP., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Erwan mengilustrasikan pendidikan seperti menanam apel. Beliau menyatakan bahwa seperti halnya menanam apel, pendidikan memerlukan perhatian, perawatan, dan waktu agar dapat menghasilkan buah yang baik. Begitu pula dengan pendidikan, diperlukan usaha yang konsisten dan perhatian terhadap kebutuhan peserta didik untuk mencapai hasil yang optimal.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para guru mengenai Kurikulum Merdeka dan bagaimana mengimplementasikannya dalam perencanaan pembelajaran. Dengan adanya seminar dan lokakarya ini, diharapkan para guru dapat lebih siap dan kompeten dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini.

Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Ciamis dan mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *