Merdeka Belajar Edisi 24

Merdeka Belajar Edisi 24

Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Transisi PAUD-SD adalah penyelarasan pembelajaran PAUD-SD yang bertujuan agar peserta didik PAUD tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian saat berpindah menjadi peserta didik SD, serta agar peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD tetap dapat terpenuhi haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi. Sebagai bahan pembelajaran dapat didownload media dalam link berikut.

TPPK Download Booklet disini

Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam melaksanakan kebijakan merdeka belajar episode ke 24 yaitu tentang transisi PAUD ke SD/MI/sederajat yang menyenangkan. Kegiatan ini dimulai sejak tahun ajaran baru 2023-2024. Saat ini telah keluar surat edaran terbaru Kepala Dinas Pendidikan bagi Pengawas/Penilik, Kepala PAUD dan SD untuk mengimplementasi kegiatan transisi PAUD-SD. 3 target capaian diantaranya : 

  1. Satuan pendidikan perlu menghilangkan tes calistung dari proses PPDB pada SD/MI/sederajat. Hal ini dilakukan karena setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan dasar. Selain itu, tes calistung juga telah dilarang melalui Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010, tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan; serta Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 1 Tahun 2021, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.
  2. Satuan pendidikan perlu menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama. Satuan PAUD dan SD/MI/sederajat dapat memfasilitasi anak serta orang tua untuk berkenalan dengan lingkungan belajarnya sehingga peserta didik baru dapat merasa nyaman dalam kegiatan belajar. Kemudian, satuan PAUD dan SD/ MI/ sederajat juga diharapkan dapat mengenal peserta didik lebih jauh melalui kegiatan belajar sehingga pembelajaran yang diberikan dapat lebih tepat sasaran.
  3. Satuan pendidikan di PAUD dan SD/ MI/ sederajat perlu menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti; keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi; kematangan emosi untuk kegiatan di lingkungan belajar; kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar seperti kepemilikan dasar literasi dan numerasi; pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri; dan pemaknaan terhadap belajar yang positif.
TPPK Surat Edaran Download disini

Lapor pencegahan dan penanganan klik laporan tombol laporan di bawah ini!

Embed Full Page TPPK Klik Lapor disini

Melalui gerakan bersama terkait transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini diharapkan dapat mewujudkan generasi emas di tahun 2045.

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds