Artikel
KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH JENJANG TK SD DAN SMP TAHUN 2024

KEGIATAN PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH JENJANG TK SD DAN SMP TAHUN 2024

Bupati Ciamis Bapak Dr. H. Herdiat Sunarya Secara resmi membuka Kegiatan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Jenjang Tk Sd dan Smp Tahun 2024. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di Aula STIKES MUHAMMADIAH CIAMIS pada hari Kamis,  01 Februari 2024.

Pendidikan merupakan sarana untuk mentransformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu menjadi ruang dan media pembelajaran yang memberikan fasilitas yang cukup bagi perkembangan pendidikan generasi bangsa. Figur kepala sekolah sebagai leader di satuan pendidikan memegang peran yang begitu penting dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang mendukung kondusifitas proses belajar dan mengajar.

Kepala sekolah bertugas memberikan bimbingan, bantuan, pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pengajaran, yang berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan pengajaran, untuk dapat menciptakan situasi nyaman dalam proses belajar mengajar.

Disatuan pendidikan, kepala sekolah memiliki andil yang sangat penting. Dengan kepemimpinannya, kepala sekolah diharapkan dapat membawa sekolah menjadi lebih maju dan mendapat kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra atau putrinya dalam mengenyam Pendidikan.

Kepala Sekolah yang mampu menjalankan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator dengan baik dapat dikatakan kepala sekolah yang memiliki kemampuan memimpin yang baik .

Saat ini pendidikan di indonesia sedang berada dalam titik perubahan yang nyata, kemendikbudristek dengan inovasi merdeka belajarnya sedang berusaha mengembalikan esensi pendidikan kepada hakikat pendidikan itu sendiri, yakni pendidikan yang berorientasi kepada peserta didik. Program merdeka belajar merupakan pendidikan dengan paradigma baru, dimana seluruh warga pendidikan dituntut untuk berpacu mengimplementasikan merdeka belajar di setiap satuan pendidikan dalam berbagai jenjangnya.         

Merdeka Belajar merupakan suatu pendekatan yang dilakukan supaya peserta didik bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya para peserta didik bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa.

Tugas kepala sekolah sebagai leader di satuan pendidikan sangat berperan dalam mengimplementasikan pendidikan dengan paradigma baru ini. Kepala sekolah harus bisa membawa warganya dalam mensukseskan merdeka belajar, menuju pendidikan yang maju, bermartabat dan berkualitas melalui peningkatan sumber daya manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds