Artikel
BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD MELALUI PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING

DISDIK CIAMIS – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, DR. H. ASEP SAEFUL RAHMAT, S.I.P., M.SI. secara resmi membuka kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru Paud Melalui Program Percepatan Penurunan Stunting. Kegiatan pembukaan ini berlangsung di Aula Keraton Selagangga pada hari Senin 28/08/2023.

Permasalahan stunting saat ini menjadi momok menakutkan bagi semua kalangan, karena menyangkut tumbuh kembang anak. Banyak hal negatif yang terjadi karena faktor stunting ini, diantaranya pertumbuhan yang terhambat dan tingkat kecerdasan anak yang rendah. Tidaklah heran kalau stunting menjadi prioritas pemerintah karena hal ini terkait dengan masa depan generasi penerus bangsa.

Lembaga pendidikan menjadi sarana penyebaran pengetahuan yang paling efektif, tak terkecuali dalam pemahaman pencegahan stunting, yang menyebabkan tumbuh kembang anak tak optimal. Indonesia memang harus bekerja keras untuk menurunkan angka stunting. Saat ini posisi kita masih berada dalam lima besar negara dengan beban stunting terbesar. Hal ini tentu saja memerlukan sinergitas dan perhatian dari semua kalangan, baik Lembaga Pendidikan, Kesehatan, Masyarakat, Orang Tua dan Pihak Swasta.

Untuk membangun kesadaran dan edukasi sejak dini stunting ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mengadakan bimtek Peningkatan Kompetensi Guru Paud Terkait Stunting, untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang stunting, penyebab, dan strategi pencegahannya; serta upaya edukasi dan intervensi pentingnya, gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kab Ciamis menyampaikan “Pencegahan kasus stunting perlu keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di daerah, tidak terkecuali peran dunia pendidikan khususnya pihak sekolah dan para pendidik (Guru)” ungkapnya.

“Karenanya, para guru dan pihak sekolah harus berperan maksimal untuk membangun kesadaran sejak dini bagi siswa-siswi didiknya terkait pola hidup dan pola makan yang sehat.  Edukasi tentang pola makan dan hidup sehat yang diberikan para guru, sangat penting bagi anak didiknya terkait pencegahan stunting sejak dini”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sampurasun #BarayaDisdik. Yuk bersama-sama kita wujudkan perbaikan pelayanan publik yang lebih baik, dengan mengisi Survei di link https://ppm.ombudsman.go.id/#/ atau scan qrcode di postingan. Periode pengisian Bulan Juni sampai Bulan September Tahun 2024 ya!


This will close in 5 seconds